15 Tips dan Trik Bermanfaat untuk Samsung Galaxy S6 / S6 Edge

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge sejauh ini merupakan smartphone Android terbaik yang pernah dibuat Samsung. Ponsel unggulan ini merupakan langkah maju dari apa pun di pasar dunia dalam hal style dan kinerja.

Selain itu, mereka juga memiliki banyak fitur mengagumkan yang benar-benar membuat mereka menonjol. Beberapa dari mereka yang akrab dari sebelumnya ponsel Galaxy S, beberapa entri baru dari Samsung, dan dengan Lollipop terbaru Google Android 5.0. Jika Anda memiliki S6, tips dan trik ini akan membantu mendapatkan hasil maksimal.

1. Quick Camera Launch

Quick Camera Launch

Samsung Galaxy S6 memiliki kamera mengagumkan. Untuk memastikan Anda tidak pernah melewatkan foto, aplikasi Camera sekarang memiliki opsi Quick Launch yang diaktifkan secara default. Hanya tekan dua kali lipat 'Home' tombol dan Anda akan siap untuk melepas shutter dalam sekejap.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi Kamera dan tekan ikon 'Pengaturan' dan kemudian beralih 'Quick Launch' untuk off.


2. Alarm Pintar


Samsung menyertakan fitur baru yang disebut Smart Alert di Galaxy S6 dan S6 Edge. Setelah diaktifkan, perangkat Anda akan bergetar pada saat Anda mengambilnya untuk membiarkan Anda tahu jika Anda memiliki panggilan tidak terjawab atau pesan yang belum dibaca. Fitur ini diaktifkan secara default jadi jika Anda ingin mencobanya pergi ke Settings > Motions and gestures > Smart alert.

3. Mengganti Tema

Samsung Galaxy S6 dilengkapi dengan kemampuan untuk membiarkan Anda memilih tema mana yang Anda inginkan. Ini pada dasarnya mengubah wallpaper Anda, ikon, aplikasi sistem, dan UI (User Interface). Anda dapat mengubah tema dengan pergi ke Pengaturan> Tema, lalu pilih salah satu tema default.

Ada tiga tema di S6 secara default, tetapi Anda akan menemukan banyak lagi melalui Toko di bagian kanan atas halaman Tema. Ada juga alat yang akan memungkinkan Anda untuk membuat tema Anda sendiri.

Mengganti Tema
4. Mengatur Tampilan Home Screen Grid

Secara default layar rumah grid pada Galaxy S6 adalah 4 × 4, tetapi Anda dapat mengubahnya hingga 5 × 5 jika Anda ingin menambahkan ikon aplikasi lebih dan widget ke layar awal. Untuk melakukan itu, hanya tekan pada ruang kosong di layar awal dan memilih Layar kotak paling kiri.

Mengatur Tampilan Home Screen Grid

5. Mengatur Pengaturan Cepat

Pengaturan Cepat digunakan untuk mengakses sebagian besar aplikasi dengan mudah. Anda dapat menyesuaikan pengaturan cepat dengan pergi ke menu Settings. Pengaturan terbuka dan Anda akan melihat beberapa aplikasi di atas. Tekan tombol Edit dan menempatkan tanda centang di samping mereka yang ingin tampil. Anda dapat menambahkan hingga 9 pilihan Anda.

6. Set Up Fingerprints

Seperti S5, Galaxy S6 Edge juga memiliki sensor sidik jari ke tombol Home, tetapi telah jauh lebih baik. Sekarang Anda hanya bisa tekan pelan agar sidik jari Anda diakui.

Proses pendaftaran sidik jari ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Untuk menambah sidik jari, pergi ke Settings> Kunci layar dan keamanan> Sidik jari. Anda dapat menambahkan hingga empat sidik jari dengan menekan berulang kali pada sensor.

Ingatlah untuk memiringkan jari Anda bolak-balik dan menempatkan bagian yang berbeda dari pada sensor. Ini akan membantu sistem untuk mengenali Anda lebih mudah dan terpercaya.

Set Up Fingerprints

7. Menghapus Briefing Screen

Samsung sebelumnya menyebut fitur ini 'My Magazine', tapi tahun ini telah diubah namanya menjadi 'Briefing'. Ini adalah aplikasi news feed Flipboard bertenaga yang AKTIF secara default. Jika Anda tidak ingin menampilkan Briefing di home, Anda dapat menonaktifkannya dengan menekan layar awal dan kemudian gulir atas panel pengarahan. Ada kotak centang di atas itu. Hanya hapus centang kotak dan pengarahan akan dinonaktifkan.

8. Menjalankan Download Booster

Setelah memulai debutnya di Galaxy S5, fitur mempercepat download Samsung juga tersedia di Galaxy S6 dan S6 Edge. Ini menggabungkan kedua koneksi Wi-Fi dan LTE Anda menjadi kekuatan tunggal, yang memungkinkan Anda untuk men-download file yang lebih besar dari 30MB lebih cepat. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Settings> More Connection Settings> Download Booster dan mengubahnya ON.

9. Menjalankan Do Not Disturb mode

Jika Anda telah menggunakan telepon dengan Lollipop, Anda mungkin sudah akrab dengan fitur ini, tetapi Samsung memiliki versi sendiri. Dengan pengaturan ini Anda dapat mengontrol ketika Anda mendapatkan pemberitahuan. Untuk memulai, pergi ke Settings> Sounds & Notifications> Jangan Ganggu.

Jika Anda mengaktifkan Do tidak mengganggu modus, ada pilihan untuk memungkinkan pengecualian. Jika Anda tidak mengizinkan pengecualian telepon akan benar-benar diam. Anda juga dapat mengatur jadwal untuk secara otomatis mengaktifkan Jangan mengganggu pada waktu tertentu setiap hari.

10. Jam Malam (S6 Edge)

Jam Malam (S6 Edge)


Night Clock adalah fitur keren yang dapat ditemukan di tepi Galaxy S6 Edge yang menampilkan jam tepat di tepi telepon.

Fitur ini tidak menggunakan up sedikit baterai Anda sehingga Anda mungkin ingin tetap pada saat Anda berada di pengisi daya. Untuk mengaktifkan fitur Malam Jam, pergi ke Settings > Edge Screen >Night Clock.

11. Edge Lighting (S6 Edge Only)

Ini adalah fitur lain yang hanya tersedia pada Galaxy S6 Edge. Setelah diaktifkan, memberikan petir ke tepi layar ketika Anda menerima panggilan atau pemberitahuan saat ponsel Anda diserahkan.

Satu hal yang keren tentang pencahayaan Edge bahwa Anda dapat mengaturnya sehingga perubahan warna layar berdasarkan kontak yang memanggil Anda. Untuk mengaktifkan pencahayaan Edge, pergi ke Settings > Edge screen > Edge lighting.. Untuk menetapkan warna cahaya untuk kontak tertentu pergi ke Settings > Edge screen > My People.

12. Menjalankan Ultra Power Saving mode

Ultra Power Saving mode memungkinkan Anda untuk mendapatkan tetes terakhir energi dari ponsel baterai Anda.

Ketika mode ini diaktifkan, beralih telepon ke antarmuka hitam dan putih dan menonaktifkan sebagian besar kegiatan latar belakang. Anda masih akan dapat menerima panggilan, mengirim pesan, dan menggunakan aplikasi penting yang. Anda dapat mengatur Battery Saver untuk secara otomatis mengaktifkan pada setiap tingkat antara 15-50%. Untuk mengkonfigurasinya, pergi ke Settings> Battery> mode hemat daya dan mengubahnya ON.

13. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Meskipun Samsung telah mengurangi jumlah built-in aplikasi dalam edisi Galaxy S6, tetapi masih memiliki banyak bloatware bahwa Anda tidak benar-benar membutuhkannya. Daripada harus melihat semua aplikasi yang tidak diinginkan dalam aplikasi Anda, Anda sekarang dapat menonaktifkan atau menghapusnya dari telepon Anda.

Untuk melakukan itu, pergi ke aplikasi dan tekan tombol Edit, lalu ketuk ikon dikurangi pada aplikasi yang ingin Anda hapus. Setiap aplikasi yang tidak memiliki ikon minus di kanan atas tidak dapat dihapus.

14. Menjalankan Multi Window mode

Galaxy S6 juga dilengkapi dengan fitur multi window yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus. Aplikasi yang mendukung multi window akan memiliki ikon persegi panjang kembar kecil di sudut ketika Anda memiliki switcher app terbuka. Anda dapat menekan tombol tersebut untuk memindahkan aplikasi ke bagian atas layar, kemudian memilih aplikasi lain untuk bagian bawah. Setelah selesai, cukup tekan tombol Kembali untuk meninggalkan modus multi Window.

15. Mengambil Screenshot di Galaxy S6

Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada Galaxy S6 dan S6 Edge.

1. Menggesek telapak tangan di layar dari kanan ke kiri. Anda dapat mengaktifkan fitur ini atau menonaktifkan di Settings> Gestures dan Gerakan> Palm Swipe to Capture.
2. Tekan dan tahan kedua 'Power' dan 'Home' tombol pada waktu yang sama.

Setelah Anda berhasil, layar akan berkedip dan preview screenshot Anda akan muncul di bar pemberitahuan Anda. Anda dapat mengakses screenshot di folder otomatis dibuat 'Layar' di app Galeri Anda.


Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »