10 Fitur Terbaik Pada Android M

Google telah mengumumkan versi berikutnya dari sistem operasi Android, yaitu Android M, di Google I / O 2015 di San Francisco. Namun, mereka belum mengumumkan namanya.

Dalam konferensi tersebut, Google Senior VP Produk Sundar Pichai mengatakan bahwa sistem operasi Android M akan lebih berkonsentrasi pada peningkatan stabilitas dan kegunaan dari platform. Akan ada lebih banyak penekanan pada kualitas platform daripada tampilan baru yang radikal.

Meskipun tidak perbaikan besar-besaran, ia memiliki beberapa fitur baru yang membuatnya layak menjadi yang lebih baik. Berikut adalah beberapa fitur baru yang keren yang dapat lihat di Android M :

1. Chrome Custom Tabs



Android M memberikan pengalaman web yang lebih baik dengan Chrome Custom Tab. Fitur baru ini akan membiarkan anda untuk menyertakan tampilan web Chrome dalam aplikasi tertentu, sehingga Anda tidak perlu beralih ke browser Chrome di ponsel Anda. Browser Chrome akan menjalankan atas aplikasi Anda (jika Anda mengklik link dalam aplikasi). Fitur Chrome akan otomatis masuk,  seperti sandi yang disimpan dan auto-fill yang akan bekerja pada aplikasi.

2. Android Pay


Android M juga akan datang dengan fitur Android Pay, sistem pembayaran mobile baru Google yang dirancang untuk membuat proses checkout lebih mudah dan lebih cepat.

Burke mengatakan bahwa Android Pay akan tersedia di 700.000 toko di seluruh Amerika Serikat, dan akan bekerja pada setiap pembayaran dilengkapi dengan NFC. Untuk menggunakannya, semua yang Anda harus lakukan adalah hanya membuka telepon dan menempatkannya di depan NFC terminal POS yang kompatibel.

3. Fingerprint Support


Google akan "standarisasi dukungan" untuk scanner sidik jari pada ponsel yang menjalankan Android M. fungsi baru akan memungkinkan scanner sidik jari yang akan digunakan tidak hanya untuk membuka ponsel, tetapi juga untuk melakukan pembelian menggunakan Android Pay.

Tentu saja, perangkat Anda akan memerlukan scanner sidik jari hardware untuk melakukannya, tetapi dengan dukungan penuh Google, mengharapkan untuk memakai fitur ini di smartphone baru yang akan datang.

4. Google Now on Tap



Dengan rilis Android M, Google Now akan menjadi lebih kontekstual. Sekarang, Anda akan bisa mendapatkan informasi kontekstual tentang apa pun yang sedang berjalan pada layar ponsel Anda. Jadi jika Anda sedang menonton video di YouTube, hanya tahan pada tombol home untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang seseorang di dalam video tersebut.

Lain tambahan Google Now perbaikan mencakup kemampuan untuk mengatakan 'OK Google' di mana pun Anda berada di sistem operasi Android.

5. Doze Mode


Android M akan menampilkan fungsi baru yang dikenal sebagai Doze untuk meningkatkan perangkat mode siaga. Fitur ini menggunakan sensor gerak perangkat untuk mendeteksi bila perangkat tidak memiliki kegiatan untuk jangka waktu dan secara otomatis akan menutup beberapa proses sehingga aplikasi yang menggunakan banyak daya tidak menguras baterai Anda. Karena dalam tahap Doze, sistem masih bisa diaktifkan oleh alarm dan pemberitahuan prioritas tinggi. Menurut Google, fitur ini telah membantu meningkatkan waktu standby pada Nexus 9 hampir dua kali lipat di Android 5.0 Lollipop.

6. App Permissions

Saat ini, Anda harus menerima semua izin ketika Anda menginstal sebuah aplikasi, tetapi dengan Android M, Anda dapat menentukan hak akses yang anda inginkan, mengizinkan atau mencabut, berdasarkan ketika fungsi-fungsi tertentu yang digunakan.

Misalnya, Anda dapat memberikan WhatsApp akses ke kamera, tapi tidak untuk mikrofon Anda jika Anda inginkan. Anda bahkan dapat mengubah hak akses yang diberikan kepada aplikasi di kemudian hari dalam Pengaturan dan melihat mana aplikasi memiliki izin yang diberikan.

7. App Link


Android M juga membuat lebih mudah untuk menghubungkan dari satu aplikasi ke yang lain tanpa harus membuka sebuah halaman web. App link baru Android M menggunakan metode verifikasi khusus untuk memastikan bahwa aplikasi-spesifik link pergi ke tempat yang tepat. Sebagai contoh, mengklik link Twitter dalam email akan membawa Anda langsung ke aplikasi Twitter, bukan halaman web Twitter bahwa Anda mungkin tidak ingin login.

8. Direct Share


Android M memiliki fitur baru yang disebut 'Direct Share' yang memungkinkan Anda berbagi konten ke kontak yang paling sering atau aplikasi dengan satu klik.

Android Anda akan belajar aplikasi mana yang dapat berbagi konten dan menempatkannya di bagian daftar atas, jadi jika Anda berbagi foto ke banyak apps, itu akan berada di atas. Direct Share juga memungkinkan Anda berbagi konten untuk orang-orang tertentu yang paling sering anda hubungi, sehingga mereka ditempatkan langsung di lembar halaman daripada harus mencari mereka dalam daftar kontak.

9. Simplified Volume Control


Dengan Android M, Google telah menyederhanakan kontrol volume. Kontrol volume sederhana baru akan membiarkan Anda secara manual mengubah nada dering, media, atau volume alarm, langsung dari volume rocker.

10. Auto App Backups

Fitur lain yang diperkenalkan Google di Android M adalah kemampuan aplikasi Auto App Backups untuk Google Drive, jadi jika anda tidak sengaja menghapus aplikasi, kini Anda dapat men-download lagi dan itu akan diatur seperti itu sebelumnya. Sampai versi final dari Android M dilepaskan, Google membatasi ukuran cadangan per aplikasi untuk 25MB, meskipun ruang ini tidak dihitung terhadap ruang penyimpanan 15GB gratis yang ditawarkan di Google Drive.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »