Cara Mudah Melakukan Factory Reset Smartphone Android

Mungkin suatu saat kita di hadapi dengan masalah yang memaksa agar kita melakukan Factory Reset, biasanya kita akan melakukan Factory Reset ketika smartphone kita sudah tidak rensponsif, sering mengalami lag ataupun masalah lain yang mungkin dapat diatasi dengan melakukan Factory Reset.

Factory Reset adalah mereset ulang smartphone android kita agar kembali ke setelan pabrik sama seperti saat kita membeli smartphone baru. Dengan melakukan Factory Reset kita akan menghapus semua data pengguna, aplikasi pihak ketiga, dan penyimpanan internal. Jadi alangkah baiknya kita sebelum melakukan Factory Reset sudah memback up file - file yang penting.

Berikut cara melakukan Factory Reset :
  1. Pastikan telah memback-up file yang dirasa kita penting
  2. Buka setting menu
  3. Untuk smartphone Samsung, HTC, LG dll, Factory Reset biasanya ada di menu Back Up and Reset

    Cara Mudah Melakukan Factory Reset Smartphone Android


  4. Lalu pilih Factory data reset dan pilih lagi Reset Phone, setelah itu biasanya ada peringatan untuk menghapus semua data pengguna dan kembali ke pengaturan pabrik
  5. Pilih Erase Everything jika dimintai kembali
  6. Tunggu sampai selesai, biasanya akan memakan waktu beberapa menit
Setelah selesai smartphone anda kembali ke pengaturan pabrik, dan semoga penyakit - penyakitnya kambuh, hehe.

Untuk kamu jika tidak bisa menghidupkan telepon (bootloop) atau tidak dapat mengakses pilihan data pabrik ulang melalui setting (pengaturan) maka kamu masih bisa melakukan Factory Reset dengan boot perangkat Android ke recovery mode.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »