Cara Masuk Ke Recovery Mode di Smartphone Android

Hampir setiap perangkat Android memiliki Recovery Mode, yang memungkinkan kita melakukan banyak hal seperti menginstall Custom ROM, menghapus data, menghapus file cache dari partisi, dll.

Recovery Mode ini sangat penting jika suatu hari perangkat android mengalami masalah booting (bootloop). Jika kalian lupa password atau lupa pola kalian bisa melakukan Factory Reset yang akan mengembalikan perangkat android kita seperti baru (pengaturan pabrik).

Untuk masuk ke Recovery Mode ini sangat mudah, kita hanya perlu mematikan perangkat lalu melakukan beberapa kombinasi tombol dan akan masuk ke Recovery Mode.

Cara Masuk Ke Recovery Mode di Smartphone Android

Berikut macam - macam kombinasi berbagai macam smartphone android :
  • Samsung Galaxy     : Volume Up + Home + Power
  • Galaxy Nexus          : Volume Up + Volume Down + Power
  • Motorola Droid X2 : Volume Down + Power
  • Devices With Camera Buttons : Volume Up + Camera
  • Sony Xperia          : Matikan Sony Xperia anda, nyalakan kembali, ketika anda melihat LED menyala, tekan tombol “Volume Up” berulang – ulang hingga perangkat anda masuk ke recovery mode.
Jika anda tetap tidak masuk ke Recovery Mode mungkin karena tidak tahu kombinasi tombolnya kalian bisa mendownload aplikasi pihak ketiga yaitu Quickboot. Akan tetapi smartphone kita sudah dalam keadaan root untuk bisa menggunakan aplikasi Quickboot ini.
  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Pada form pencarian ketikkan “Quick Boot App”.
  3. Download dan install aplikasi tersebut.
  4. Setelah selesai di install langsung saja buka/jalankan aplikasi tersebut.
  5. Terakhir pilih menu ‘Recovery‘, maka otomatis perangkat anda akan reboot dan masuk ke Recovery Mode.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »