Cara Meningkatkan Kinerja dan Performa Android

Dalam kebutuhan sehari - hari keberadaan smartphone memang sangat dibutuhkan, mulai dari untuk bisnis, telepon, atau sekedar hiburan. Tapi pernahkah kalian mengalami smartphone tiba - tiba kinerja dan performanya menjadi lambat bahkan lag sampai membuat smartphone anda hang?, selaku pemilik smartphone kita juga harus tahu cara merawatnya dan bukan hanya menggunakannya. Berikut ulasan merawat Smartphone Android agar kinerja dan performanya baik.


      1. Hapus aplikasi yang tidak penting.

Hapus Aplikasi

Hal pertama agar performa menjadi semakin baik adalah menghapus aplikasi yang tidak penting, ketika pertama kali kita membeli banyak aplikasi bawaan smartphone yang sebenarnya kurang berguna bagi kita, hapus saja. Aplikasi - aplikasi yang tidak penting hanya akan membuat memori penuh dan memperlambat kinerja android anda.

       2. Matikan aplikasi yang tidak perlu.

Berbeda dengan yang pertama, biasanya kita punya aplikasi yang cukup penting namun jarang kita gunakan dan hanya digunakan sewaktu - waktu. Matikan aplikasi tersebut dan pasti akan meningkatkan performa android anda.

       3. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Hampir mirip dengan yang no. 2, kebanyakan kita setelah menggunakan aplikasi tidak menutup kembali dan hanya keluar, inilah penyebab utama android lambat.

      4. Mengatur memori smartphone.

Setelah menginstall suatu aplikasi biasanya aplikasi tersebut akan memenuhi memori telepon, pindahkan aplikasi tersebut kedalam memori SD, ini yang terkadang membuat smartphone tiba - tiba mati sendiri atau restart sendiri.

      5. Hapus Cache dan History.

Saat kita menggunakan banyak aplikasi pasti akan menyebabkan cache penuh sehingga RAM menjadi sedikit, RAM sangat dibutuhkan dalam suatu kinerja Android pastikan untuk membuatnya selalu kosong agar membuat ringan android anda.

      6. Jangan gunakan Live Wallpaper dan hapus widget yang tidak perlu.

Pernahkah kalian saat pertama kali menjalankan smartphone, smartphone anda terasa berat dan harus menunggu beberapa menit agar bisa digunakan?, mungkin ini penyebabnya. Penggunaan Live Wallpaper atau Wallpaper animasi sangat tidak dianjurkan, jadi hapuslah sekarang. Widget yang terasa tidak perlu seperti cuaca atau hal lainnya juga akan membuat berat smartphone anda, jadi minimasirlah dalam penggunaan widget.

     7. Update smartphone android.

Pastikan smartphone anda mendapatkan sistem terbaru agar performa semakin baik, dan ini bukan update aplikasi tetapi sistem yang di update.

     8. Matikan auto-update aplikasi.

Aplikasi yang update otomatis sangat tidak baik bagi kita, update otomatis bisa membuat kuota kita tiba - tiba habis sendiri juga dapat membuat penuh memori. Tapi jika agan rasa agan perlu update suatu aplikasi updatelah secara manual.

     9. Restart smartphone.

Saat smartphone tiba - tiba lag atau merasa berat, hal yang pertama lakukan adalah cobalah merestartnya biasanya cara ini paling ampuh.

     10. Reset smartphone.

Hal ini memang tidak dianjurkan, jika smartphone anda tetap merasa berat cobalah reset kembali. Mereset smartphone akan membuat smartphone kita kembali kedalam bawaan pabrik.

     11. Root Smartphone

Ini juga tidak dianjurkan, tapi percayalah ini mungkin yang paling ampuh. Smartphone yang diroot akan memiliki keleluasaan dalam menggunakan banyak aplikasi seperti Tweak ataupun Swap Memori atau RAM.




Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

First